• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

JAVA No.15: Membuat Notepad App- Membuat function untuk setiap MenuItem Awt dan Swing (Part 2)

 

Setelah sebelumnya kita membuat pondasi Notepad App pada tutorial sebelumnya nah sekarang saatnya melanjutkan pemberikan code fungsi untuk setiap menu item. Sekali lagi, kita nge-mix antara Awt dan Swing, mungkin nanti kita akan membuat Notepad App khusus untuk Swing saja.



Intinya, untuk membuat menu item bekerja kita perlu menambahkan event untuk mouse click diantaranya adalah awt.ActionEvent, awt.ActionListener, awt.KeyEvent, awt.KeyListener. Bukan hanya pada menu item saja, tetapi pada textarea juga harus kita berikan sebuah listener. Mungkin ada pertanyaan dari anda. Apa sih ActionEvent – ActionListener, KeyEvent-KeyListener?

ActionEvent lebih cenderung ke Event dari Mouse, yaitu saat mouse click, doble click, over, out dan lain lain, kemudian untuk ActionListener ini merupakan ‘listener’ dari event tersebut. Bisa dibilang listener ini merupakan sebuah pemroses event sebelum memanggil fungsi untuk meng-handle event tersebut.

KeyEvent dan KeyListener ini lebih condong ke hal hal yang berhubungan dengan keyboard anda, misalnya saat TextArea ditulisi sebuah huruf maka TextArea mendapat perlakuan KeyEvent. Dalam perlakuan ini TextArea dapat membaca event yang diberikan dengan KeyListener.

Pada tutorial ini kita akan focus untuk pembuatan code menu item diantaranya New, Open, Save, Save as, Close. Silahkan anda tonton videonya, atau download source codenya, karena dalam proses ini kita juga menggunakan io.BufferedReader, io.FileReader, io.FileWriter, untuk membaca dan menulis file (membuat sebuah file).
Selain itu kita juga menggunakan util.Scanner.

Untuk hal-hal yang berhubungan dengan file browser, seperti windows explorer, kita menggunakan swing.JFileChooser. Dan ada yang kelupaan dalam video tutorial, kita belum membuat code untuk membuat tampilan file chooser seperti windows (untuk pengguna windows), jadi disini kita menambahkan swing.UIManager untuk keperluan tersebut.

ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI

Tutorial ini terbagi dalam 2 part:
1. Part 1: JAVA No.14: Membuat Notepad App - Membuat layout GUI dan Menu dengan Awt dan Swing (Part 1)
2. Part 2 JAVA No.15: Membuat Notepad App- Membuat function untuk setiap MenuItem Awt dan Swing (Part 2)(Halaman ini)


Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

JAVA No.15: Membuat Notepad App- Membuat function untuk setiap MenuItem Awt dan Swing (Part 2) 4.5 5 Homestay Limaran Syari'ah 2 Setelah sebelumnya kita membuat pondasi Notepad App pada tutorial sebelumnya nah sekarang saatnya melanjutkan pemberikan code fungsi untuk s...


Popular Post

J-Theme