• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

JAVA ME No.10: Kenapa tidak ada Visual Midlet dan Game Builder di Netbeans 7.2?

 


Mungkin untuk anda yang biasanya mengembangkan aplikasi mobile memakai Visual Midlet dan Game Builder dari mobility akan sedikit mengalami kebingungan saat pertama kali menggunakan Netbeans terbaru yaitu kenapa kok tidak ada Visual Midlet dan GameBuilder dalam Netbeans 7.2??

Mari kita perhatikan screenshot berikut ini:



Dari gambar di atas dapat kita simpulkan bahwa tidak ada Visual Midlet dan Game Builder yang terinstall pada Netbeans 7.2

Saya juga mengalami kebingunan dan kehabisan ide kenapa bisa seperti ini dan kemudian berusaha mencari solusi.

Resolve project error
Langkah pertama yang saya lakukan adalah Resolved Problem, Netbeans menyediakan fasilitas Resolved Error untuk mengetahui sebetulnya apa yang terjadi, anda dapat melakukannya dengan klik kanan project - kemudian click Resolved Problem.
Perhatikan screenshot di bawah ini:


Terlihat disana "NetBeans MIDP Components library could not be found”, initnya MIDP Component tidak terdapat dalam Netbeans kita. Kebetulan disana ada tombol kecil 'Resolve...', tombol ini digunakan untuk menampilkan window kecil library.

Library
Tampilan window library dalam Netbeans 7.2 ini juga tidak membuat saya puas, akhirnya saya berusaha membandingkan window library Netbeans 7.2 dengan versi terdahulunya yaitu versi 7.1.2, silahkan anda lihat pada screenshot di bawah ini:


Terlihat jelas dalam library kita bahwa 'MIDP Component' tidak terinstall di Nebeans 7.2, kenapa demikian? apakah saya belum install Java ME plugins??? mari kita pergi terlebih dahulu ke window plugin, anda bisa mencarinya di menu Tools - Plugins.


Ternyata saya sudah mengaktifkan Java ME, lalu kenapa Visual Midlet dan Game Builder dari Mobility ini tidak ada?

Mobility Compare between Version
Hem, saya betul betul ingin tahu apa yang beda antar versi Netbeans ini, akhirnya saya mencoba untuk membandingkan folder instalasi antara Nebeans 7.1.2 dengan Netbeans 7.2 dengan program bCompare. Hasilnya adalah seperti berikut ini, pertama saya melihat perbedaan mencolok di folder mobility/module/ext/, lihat gambar di bawah ini:


Kemudian saya mencoba untuk membandingkan folder mobility yang lain yaitu mobility/source/ , lihat gambar di bawah ini:


Look, dari sini kita betul-betul bisa melihat bahwa secara default memang MIDP Component dari mobility tidak ada, jadi bisa dipastikan bahwa mulai versi 7.2 tidak terdapat Visual Midlet dan Game Builder secara default.

LALU, bagaimana solusinya?
Solusinya adalah kita harus mendownload MIDP Component mobility dari internet. Lalu dimana alamatnya? anda tidak akan pernah menemukan url untuk ini, satu satu caranya adalah dari window plugins Netbeans. Silahkan anda buka tools - plugins - pilih tab available plugins.

Nah, sampai di sini pasti banyak yang bingung, di tab Available Plugins tidak terdapat apa-apa yang ada hanyalah blank page. Yup, kita harus mengclick tombol 'check available update' dan kita harus terkonek ke internet untuk mengetahui plugins yang tersedia. Setelah menunggu, maka anda akan mendapatkan banyak plugins seperti pada gambar di bawah ini:


Good, anda bisa meng-scroll ke bawah dan temukan 'Visual Mobile Designer' dari Mobility, anda bisa langsung menginstall (ingat harus terkonek ke internet) seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


Disini saya menggunakan Windows xp di kantor, sehingga mungkin anda melihat bahwa screenshotnya kok beda (^^,), hehe

Nah, setelah anda tunggu dan selesai download kurang lebih 2mb, anda dapat merestart Netbeans 7.2 anda , kemudian anda bisa lihat, Visual Midlet dan Game Builder telah ditambahkan, , DONE!! lihat pada gambar:


Sebelum saya membuat tutorial ini saya sudah menuliskan hal yang sama di Netbeans forum, anda dapat melihat nya di sini: http://forums.netbeans.org/viewtopic.php?p=134776#134776

Semoga untuk anda yang mengalami problem yang sama, tutorial ini bisa menjadi solusi terbaik,, :)

JAVA ME No.10: Kenapa tidak ada Visual Midlet dan Game Builder di Netbeans 7.2? 4.5 5 Homestay Limaran Syari'ah 2 Mungkin untuk anda yang biasanya mengembangkan aplikasi mobile memakai Visual Midlet dan Game Builder dari mobility akan sedikit mengalami k...


Popular Post

J-Theme