• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

JAVA ME No.7: Membuat Game - Belajar menggunakan Game Builder - part 2

 

PART 2 : Game Builder
Setelah pada PART 1 kita membahas Visual Midlet, sekarang saatnya melanjutkan part berikutnya yaitu kita akan membahas mengenai Game Builder. Sesuai dengan namanya, tool ini memang digunakan untuk mempermudah kita membangun sebuah game. Untuk anda para pembuat Game Java pasti sudah familiar dengan tool ini. Yup, dengan game builder kita dapat dengan mudah membuat object (baik animasi maupun static) dan background sekaligus level untuk Game. Perhatikan Screenshot animasi dari object bergerak berikut ini:


Pada screenshot di atas anda dapat melihat bagaimana icon – icon laba-laba tersebut kita buat menjadi sebuah karakter bergerak hanya dengan drag and drop.

Bila kita membuat sebuah GameBuilder dalam Java (Disini saya menggunakan Netbeans), maka aka nada 3 istilah yang membingungkan untuk pada pemula, yaitu Scene, Tiled Layer, dan Sprite. Perhatikan screenshot dibawah ini:

Nah, pada gambar di atas kebetulan kita telah membuat sebuah scene ‘level’, kemudian Tiled Layer ‘background’ dan 3 Sprites masing-masing adalah bola, labalaba, dan lingkaran. Yang menarik di sini adalah Netbeans sendiri menyediakan file image PNG untuk pembuatan Sprite.

Pada video tutorial ini kita akan memperagakan secara komplit dan sangat mudah untuk membuat game dengan menggunakan GameBuilder. Mulai dari menggunakan sample image dari Netbeans untuk membuat Karakter sampai kita membuat sendiri dengan menggunakan Photoshop, Mulai dari membuat sprite bola sampai membuat animasi laba-laba. Silahkan tonton videonya dan download source codenya.

Oh iya, bila game kita sudah jadi nanti screenshotnya adalah seperti berikut ini (Part 3 Nanti)

PART TUTORIAL INI:
Part 1 : JAVA ME No.6: Membuat Game - Pengertian Visual Midlet, Apa itu visual Midlet - Part 1
Part 2 : halaman ini
Part 3 : JAVA ME No.8: Membuat Game - Membuat class untuk integrasi Visual Midlet dan Game Builder - part 3
Part 4 : JAVA ME No.9: Membuat Game - Menambahkan audio pada game - part 4

ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI


Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

JAVA ME No.7: Membuat Game - Belajar menggunakan Game Builder - part 2 4.5 5 Homestay Limaran Syari'ah 2 PART 2 : Game Builder Setelah pada PART 1 kita membahas Visual Midlet, sekarang saatnya melanjutkan part berikutnya yaitu kita akan membaha...


Popular Post

J-Theme