• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

VISUAL C++ No.11: Membuat aplikasi Visual C++ sederhana dengan MFC library

 

I'ts Visual C++ with MFC (Microsoft Fondation Class)
Bila kita menggunakan Visual Studio, pasti tidak asing dengan yang namanya MFC (Microsoft Fondation Class). Ini merupakan sebuah library yang disediakan Visual Studio untuk mempermudah para developer membuat GUI.

MFC memang sangat membingungkan untuk yang baru mengenal library ini. Tapi dengan hadirnya tutorial ini, mudah mudahan dapat membantu mempermudah pemahaman MFC.



Pada tutorial ini, kita akan membuat sebuah simple aplikasi dengan MFC sederhana sebuah slider dimana bila kita mendrag slider, maka input akan diupdate. Pada tutorial ini kita juga akan membahas file-file yang akan digenerate bila kita membuat MFC diantara header file, resource file dan source file.


Bila kita membuat sebuah aplikasi dengan nama 'simpleMFC' maka Visual Studio akan secara otomatis mengenerate beberapa file header , diantaranya:
*Resource.h
*simpleMFC.h
*simpleMFCDlg.h
*stdafx.h

Resource.h merupakan standar header file yang berisi definisi dari resource ID aplikasi.
simpleMFC.h merupakan header file utama yang didalamnya juga menginclude kan Resource.h dan tempat dimana CsimpleMFCApp dideclarasikan.

Sedangkan untuk Resouce files diantaranya adalah:
*simpleMFC.ico
*simpleMFC.rc
*simpleMFC.rc2

simpleMFC.rc merupakan Visual Editor tempat kita dapat mengedit dialog dari MFC kita (disini saya memilih MFC dialog, selain dialog anda bisa memilih single tab atau multi tab).
simpleMFC.rc2 merupakan berisikan resource yang tidak diedit oleh Microsoft Visual C++.

Sedangkan untuk source files, diantaranya adalah:
*simpleMFC.cpp
*simpleMFCDlg.cpp
*stdafx.cpp

simpleMFCDlg.cpp dan simpleMFCDlg.h berisikan CsimpleMFCDlg class kita. Class inilah yang mengatur behavior dari dialog utama aplikasi kita.
stdafx.cpp dan stdafx.h adalah file yang digunakan untuk mem-build precompiled header (PCH) yang dinamakan simpleMFC.pch serta sebuah precompile file types yang dinamakan stdafx.obj.

Dalam tutorial ini kita juga akan membahas tentang:
1. Slider componen
2. Static text componen
3. CSliderCtrl::SetRange, CSliderCtrl::SetPos,
4. CStringT::Format
5. Windows Routine (WM, Windows Message)


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI

VISUAL C++ No.11: Membuat aplikasi Visual C++ sederhana dengan MFC library 4.5 5 Homestay Limaran Syari'ah 2 I'ts Visual C++ with MFC (Microsoft Fondation Class) Bila kita menggunakan Visual Studio, pasti tidak asing dengan yang namanya MFC (Mic...


Popular Post

J-Theme