• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

VISUAL C# No.17: Membuat simple editor [part 6] Menambahkan menu edit (cut, copy, paste, delete)

 

PART 6
Pada part sebelumnya kita telah mencoba menambahkan Font Style dan Color baik itu background color maupun front color. Sekarang, saatnya kita menginjak Part ke 6. Di tutorial ini kita akan melihat betapa mudahnya menambahkan menu edit (copy, cut, paste, delete) dan menambahkan klik kanan pada teks area kita. Coba perhatikan screenshot di bawah ini:




Nah, kita akan bermain-main dengan TextArea kita. Perhatikan bahwa saat pertama kali kita membuat Text Editor ini kita menyepakati bahwa nama dari Text Area kita adalah ‘textboxArea’. Dalam Text Area ini, ada banyak sekali fungsi dan property yang dapat kita gunakan dalam membantu memanipulasi data yang terdapat dalam Text Area. Fungsi/Method dan Properti yang kita maksud disini diantaranya adalah Cut, Copy, Paste, Remove.

Sehingga nantinya kita dapat dengan mudah menambahkan modifikasi dalam Text Area kita yang bernama ‘textboxArea’ seperti berikut ini:
textboxArea.Copy();
textboxArea.Cut();
textboxArea.Paste();
textboxArea.Text;

Pengen lihat ada apa dengan code code diatas?? Silahkan anda lihat tutorial videonya.

Juga, kita akan membuat sebuah ConteksMenu dan menambahkan item serta event ke MenuItems. Setelah itu ConteksMenu ini kita panggil dalam Constructor Class. :)


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI


Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

PART LAIN:
PART 1: C#.NET No.12: Membuat simple editor [part 1] Pembuatan GUI (Label, Image, Icon, Textarea, Form, Button)
PART 2: C#.NET No.13: Membuat simple editor [part 2] Open - Edit - Save (Belajar WindowOpenDialog dan StreamReader)
PART 3: C#.NET No.14: Membuat simple editor [part 3] New File - Edit - Save (Belajar WindowSaveDialog dan StreamWriter)
PART 4: C#.NET No.15: Membuat simple editor [part 4] Menambahkan menu bar
PART 5: C#.NET No.16: Membuat simple editor [part 5] Menambahkan Font Style dan Color
PART 6: Halaman ini.

VISUAL C# No.17: Membuat simple editor [part 6] Menambahkan menu edit (cut, copy, paste, delete) 4.5 5 Homestay Limaran Syari'ah 2 PART 6 Pada part sebelumnya kita telah mencoba menambahkan Font Style dan Color baik itu background color maupun front color. Sekarang, saat...


Popular Post

J-Theme