• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

VISUAL C# No.12: Membuat simple editor [part 1] Pembuatan GUI (Label, Image, Icon, Textarea, Form, Button)

 

PART 1
Nah, setelah sebelumnya kita sharing tutorial text untuk beginner C#, sekarang saatnya kita praktek langsung dengan menggunakan video tutorial. Pada praktek kali ini kita akan membuat sebuah Simple File Editor dimana editor kita ini dapat kita gunakan untuk mengedit text/data dari sebuah file. Anda dapat melihat screenshot dari Editor kita pada gambar di bawah ini.

Disini kita hanya akan menggunakan StreamReader dan StreamWriter. Tentu saja juga penggunakan Events baik untuk button maupun untuk label. Juga penggunaan Form dan penggantian title form aplikasi serta icon aplikasi. (^^,)



Video tutorial pembuatan Simple File Editor ini kita bagi kedalam 3 PART:
PART 1: Pada video tutorial ini kita membahas pembuatan GUI untuk Editor kita, diantara meliputi penambahan icon dan title aplikasi, penambahan label dan image label, sekaligus textarea dan beberapa buah button.

PART 2: Pada part berikutnya kita akan membuat kode untuk open dan save. Nah, disini kita akan membuat sebuah Window Open Dialog, mengedit file yang sudah dibuka di textarea, kemudian menyimpan kembali file yang telah kita edit.

PART 3: Pada part ini, kita akan mengetikan kode untuk membuat New File dan Save File.

Nah, video tutorial pertama ini dapat anda simak, ‘BETAPA MUDAHNYA’ membuat sebuah aplikasi desktop dengan menggunakan Visual Studio sebagai IDE dan C# sebagai bahasa pemrogramannya, semoga bermanfaat, jangan lupa like atau sharing :)

ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI


PART DARI VIDEO TUTORIAL INI:
PART 1 : Halaman ini
PART 2: C#.NET No.13: Membuat simple editor [part 2] Open - Edit - Save (Belajar WindowOpenDialog dan StreamReader)
PART 3: C#.NET No.14: Membuat simple editor [part 3] New File - Edit - Save (Belajar WindowSaveDialog dan StreamWriter)
PART 4: C#.NET No.15: Membuat simple editor [part 4] Menambahkan menu bar
PART 5: C#.NET No.16: Membuat simple editor [part 5] Menambahkan Font Style dan Color
PART 6: C#.NET No.17: Membuat simple editor [part 6] Menambahkan menu edit (cut, copy, paste, delete)

Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

VISUAL C# No.12: Membuat simple editor [part 1] Pembuatan GUI (Label, Image, Icon, Textarea, Form, Button) 4.5 5 Homestay Limaran Syari'ah 2 PART 1 Nah, setelah sebelumnya kita sharing tutorial text untuk beginner C#, sekarang saatnya kita praktek langsung dengan menggunakan video...


Popular Post

J-Theme