• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

VISUAL C# No.13: Membuat simple editor [part 2] Open - Edit - Save (Belajar WindowOpenDialog dan StreamReader)

 

PART 2
Pada part sebelumnya, kita telah membuat GUI untuk Simple File Editor kita. Sekarang saatnya kita bermain-main kode untuk meng-open, meng-edit, kemudian meng-save file yang telah kita buka. Tutorial ini sangat mudah sekali untuk diikuti. Pada tutorial kedua inilah kita akan menerapkan StreamReader dan StreamWriter dari class IO.

Kita pun juga akan sharing berapa mudahnya membuat sebuah Window Open Dialog, membuat title, membuat pilihan extension dan lain-lain.



Skenario pertama dari kode kita adalah, saat aplikasi kita terloading, terlebih dahulu kita harus mendisable Textarea dan Button Save. Untuk melakukan ini kita bisa menggunakan properties ‘enable’ dengan value Boolean ‘true’ atau ‘false’.

Nah, kemudian, pada tutorial pertama kita telah membuat tiga buah label, yaitu ‘Open’, ‘New’, dan ‘About’. Sehingga kita pun harus MENAMBAHKAN sebuah ‘event’ CLICK pada label kita yaitu label ‘Open’. Untuk label ‘New’ dan ‘About’ dapat kita lihat pada tutorial part 3 nanti.

Cara menambahkan event ‘Click’ pun sangat mudah, anda tidak akan menyangka betapa mudahnya membuat sebuah aplikasi dengan C#.

Skenario berikutnya adalah penggunaan StreamReader pada method untuk label open. Pertama kita akan membuat sebuah Window Open Dialog, kemudian kita akan membaca (read) file yang telah terpilih pada Window Open Dialog. Setelah pembacaan file selesai, maka file akan dimunculkan pada textarea yang telah di enable kembali.

Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan simak video tutorialnya :)


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI


PART DARI VIDEO TUTORIAL INI:
PART 1 : C#.NET No.12: Membuat simple editor [part 1] Pembuatan GUI (Label, Image, Icon, Textarea, Form, Button)
PART 2: halaman ini
PART 3: C#.NET No.14: Membuat simple editor [part 3] New File - Edit - Save (Belajar WindowSaveDialog dan StreamWriter)

Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

PART YANG LAIN:
PART 1: C#.NET No.12: Membuat simple editor [part 1] Pembuatan GUI (Label, Image, Icon, Textarea, Form, Button)
PART 2: Halaman ini.
PART 3: C#.NET No.14: Membuat simple editor [part 3] New File - Edit - Save (Belajar WindowSaveDialog dan StreamWriter)
PART 4: C#.NET No.15: Membuat simple editor [part 4] Menambahkan menu bar
PART 5: C#.NET No.16: Membuat simple editor [part 5] Menambahkan Font Style dan Color
PART 6: C#.NET No.17: Membuat simple editor [part 6] Menambahkan menu edit (cut, copy, paste, delete)

VISUAL C# No.13: Membuat simple editor [part 2] Open - Edit - Save (Belajar WindowOpenDialog dan StreamReader) 4.5 5 Homestay Limaran Syari'ah 2 PART 2 Pada part sebelumnya, kita telah membuat GUI untuk Simple File Editor kita. Sekarang saatnya kita bermain-main kode untuk meng-open, ...


Popular Post

J-Theme